Header Ads

Pengertian Siklus akuntansi


Siklus akuntansi adalah suatu proses penyediaan laporan keuangan perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu. Siklus ini dimulai dari terjadinya transaksi, sampai penyiapan laporan keuangan pada akhir suatu periode. Adapun Proses Akuntansi Perusahaan Jasa yaitu:
1.         Tahap pencatatan, meliputi analisis transaksi dan bukti-bukti transaksi penjurnalan, dan pemibdahbukuan (posting) dari jurnal ke akun-akun buku besar
2.         Tahap pengikhtisaran, meliputi kegiatan pengikhtisaran data transaksi secara sistematis ke dalam neraca saldo sebagai bahan penyusunan laporan keuangan, membuat jurnal penyesuaian, dan membuat kertas kerja (neraca lajur)
3.         Tahap pelaporan, merupakan kegiatan akhir proses akuntansi yang meliputi kegiatan pembuatan laporan keuangan mengenai kondisi keuangan perusahaan seperti laporan laba/ rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan
Kegiatan akuntansi bermula dengan terjadinya transaksi, baik itu transaksi intern maupun transaksi ekstern. Transaksi ini perlu diidentifikasi dan diukur terlebih dahulu karena transaksi tersebut mempengaruhi komposisi aktiva, kewajiban, dan ekuitas perusahaan maka perlu diadakan pencatatan dengan satuan nilai mata uang tertentu.
Secara umum transaksi yang sering terjadi pada perusahaan jasa sekaligus merupakan sumber kegiatan akuntansi, meliputi transaksi :
a.       Pengeluaran/ pembayaran uang
b.      Penerimaan/ pemasukan uang
c.       Penjualan/ penyerahan jasa
d.      Pembelian/ penerimaan barang/ jasa
e.       Lain-lain (intern perusahaan)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.