Header Ads

TUJUAN AUDIT YANG BERKAITAN DENGAN SALDO

Tujuan audit berkaitan dengan saldo serupa dengan tujuan audit yang berkaitandengan transaksi yang baru saja dibahas, tujuan tersebut mengikuti asersi manajemendan memberikan kerangka kerja guna membantu auditor mengumpulkan bukti yangtepat yang mencukupi berkaitan dengan saldo akun. Juga ada tujuan audit umum danaudit khusus yang berkaitan dengan saldo.

Ada dua perbedaan antara tujuan audit yang berkaitan dengan saldo dengantujuan audit yang berkaitan dengan transaksi:

1.      Tujuan audit yang berkaitan dengan saldo diterapkan pada saldo akun seperti piutang usaha, persediaan, bukan kel;as transaksi seperti transaksi penjualan dan pembelian persediaan.

2.      Ada delapan tujuan audit yang berkaitan dengan saldo dibandingkan denganenam tujuan audit yang berkaitan dengan transaksi.

clip_image002

 

Tujuan audit umum yang berkaitan dengan saldo:

a.       Eksistensi- Jumlah yang tercantum memang ada, Tujuan ini bersangkutandengan apakah jumlah yang tercatat dalam laporan keuangan memang harusdicantumkan.

b.      Kelengkapan – Jumlah yang ada telah dicantumkan, Tujuan ini bersangkutandengan apakah semua jumlah yang harus tercatat pada suatu akun benar- benar telah dicatat.

c.       Keakuratan- Jumlah yang tercantum telah dinyatakan dengan benar, Tujuanini mengacu pada jumlah yang tercantum secara aritmetika sudah benar.

d.      Klasifikasi- Jumlah yang tercantum dalam daftar klien telah diklasifikasikandengan tepat, Klasifikasi ini melibatkan penentuan apakah pos-pos yang adadalam daftar klien telah dicantumkan dalam akun-akun buku besar yang tepat.

e.       Cutoff- Transaksi yang mendekati tanggal neraca telah dicatat pada periodeyang tepat. Tujuan auditor disini adalah menentukan apakah transaksi-transaksi telah dicatat dalam saldo akun pada periode yang tepat.

f.       Hubungan yang rinci (detail tie-in) - rincian saldo akun sesuai dengan jumlah pada file induk yang berkaitan, sesuai dengan total saldo akun, dansesuai dengan total buku besar, Tujuan yang rinci ini memastikan rinciandalam daftar telah disiapkan secara akurat, ditambahkan dengan benar, dansesuai dengan buku besar.

g.       Nilai yang dapat direalisasi– aktiva yang telah dicantumkan dalam jumlahyang diestimasi akan direalisasi, Tujuan ini terkait dengan apakah saldo akuntelah dikurangi untuk memperhitungkan penurunan biaya historis ke nilairealisasi bersih.

h.      Hak dan kewajiban, Hak selalu berkaitan dengan aktiva dan kewajibandengan utang. Tujuan ini hanya diterapkan pada akun aktiva sera merupakan bagian dari asersi manajemen tentang hak dan kewajiban untuk saldo akun.Terdapat lebih dari satu tujuan audit khusus yang berkaitan dengan dengan saldountuk suatu tujuan audit umum yang berkaitan dengan saldo.


Ilustrasi hubungan antara asersi manajemen, tujuan audit umum yang berkaitandengan saldo, dan tujuan audit khusus yang berkaitan dengan saldo yang diterapkan pada persediaan.

 Terdapat hubungan satu – satu antara asersi dan tujuan audit, kecuali untuk asersipenilaian atau alokasi. Asersi tentang penilaian atau alokasi memiliki tujuanaudit yang banyak karena kerumitan dari isu penilaian itu sendiri dan adanyakebutuhan untuk menyediakan tambahan panduan bagi para auditor untuk pengujian penilaian.

clip_image004

3 komentar:

  1. cara meng copy nya bagaimana ya? tolong infokan ya untuk tugas kuliah saya.. infokan ke email vegas_bulls@yahoo.com.. terima kasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Monggo, Gan, Kirimkan ke e-mail saya, hardinatarachmadsinatriya@gmail.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.