Header Ads

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP AKUNTANSI

Apakah Anda mengenal akuntansi? Jika ya, apakah akuntansi itu? Siapa sajakah yang memerlukan? Dan siapakah yang menghasilkan? Seringkali kita sulit menjawab pertanyaan itu, meskipun dalam kehidupan sehari-hari banyak individu atau organisasi usaha yang telah menerapkan dan menggunakan akuntansi untuk mengambil keputusan yang penting.


Misalkan orang tua Anda mempunyai 2 (dua) orang anak yaitu Anda dan kakak Anda. Kebetulan tahun ini Anda harus melanjutkan ke sekolah menengah dan kakak Anda harus melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Untuk membuat keputusan menyekolahkan lebih lanjut Anda dan kakak Anda, orang tua Anda tentu membutuhkan informasi tentang besarnya biaya sekolah dan biaya kuliah yang harus ditanggung sampai Anda berdua lulus. Orang tua Anda juga membutuhkan informasi berapa penghasilan yang dimiliki tiap bulan, berapa jumlah tabungan yang sudah mereka miliki, apakah mereka perlu membeli sepeda motor baru untuk Anda atau kakak saudara?


Contoh lain, dalam dunia bisnis misalnya sering kita melihat sebuah bank menerima permohonan pengajuan kredit dari calon nasabahnya dan bank harus memutuskan apakah permohonan itu harus dipenuhi atau harus ditolak . Untuk memutuskannya, bank memerlukan informasi seberapa besar kemampuan usaha calon nasabahnya , seberapa besar aset yang dimiliki yang akan dijadikan jaminan, besarnya kewajiban saat ini yang dimiliki nasabahnya.


Untuk informasi yang berkaitan dengan biaya kuliah, jumlah penghasilan, jumlah tabungan, biaya untuk pembelian kendaraan dan informasi sejenis tersebut, apakah bisa disebut dengan informasi akuntansi? Dan untuk informasi tentang jumlah aset, jumlah utang, pendapatan dan laba usaha dari calon nasabahnya itu apakah bisa disebut sebagai informasi akuntansi?


Akuntansi dapat didefinisikan dari dua sudutpandang , yaitu definisi dari sudut pemakai jasa akuntansi dan dari sudut proses kegiatannya.


Dari sudut pandang pemakai, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi berupa pelaporan keuangan yang diperlukan oleh pihak -pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan. Dalam pengertian ini, akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif entitas ekonomi (usaha) terutama yang bersifat keuangan dan dimaksudkan untuk berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi , dan dalam menentukan pilihan di antara serangkaian tindakan-tindakan alternatif yang ada.


Dari sudut pandang kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan , penggolongan , pengikhtisaran , pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi (perusahaan).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.