Header Ads

Kegiatan kantor akuntan publik

KAP menyediankan jasa audit serta jasa atestasi dan assurance lainnya. Jasa-jasa tambahan yang biasannya diberikan oleh KAP meliputi jasa akuntansi dan pembukuan, jasa perpajakan, jasa konsultasi manajemen. KAP terus mengembangkan produk dan jasa terbarunnya, termasuk perencanaan keuangan,, penilaian usaha, akuntansi forensic, audit internal yang disubkotrakkan (0utsourcing) serta jasa penasehat teknologi informasi.

· Jasa akuntansi dan pembukuan. Banyak klien kecil yang memiliki staf akuntansi terbatasmengandalkan KAP untuk menyusun laporan keuangannya. Sebagian klien kecil ini tidak memiliki personel atau keahlian untuk memanfaatkan peranti lunak akuntansi guna membuat jurnal dan buku besarnya. Dengan demikian KAP melakukan berbagai jasa akuntansi guna memenuhi kebutuhan klien tersebut. Dalam beberapa kasus dimana laporan keuangan akan diserahkan kepada pihak ketiga, review atau bahkan audit juga dilakukan. Jika kedua hal ini tidak dilakukan, laporan keuangan akan dilampiri semacan laporan oleh KAP yang disebut dengan laporan kompilasi, yang tidak memberikan kepastian apapun kepada pihak ketiga. Jasa atestasi serta jasa akuntansi dan pembukuan adalah sumber pendapatan utama bagi kebanyakan KAP besar.

· Jasa perpajakan. KAP menyediakan SPT pajak korporasi dan perorangan baik klien audit maupun nonaudit. Hamper semua KAP melakukan jasa perpajakan, yang mungkin mencakup pajak bumi dan bangunan, pajak hadiah, perencanaan pajak, serta aspek-aspek lain dari jasa perpajakan. Bagi banyak KAP kecil, jasa semacam ini jauh lebih penting praktik KAP daripada auditing. Karena sebagian besar pendapatannya mungkin berasal dari jasa perpajakan.

Jas konsultan manajemen. Kebanyakan KAP memberikan jasa tertentu yang mungkin kliennya mengoprasikan bisnis secara lebih efektif. Jasa ini disebut dengan jasa konsultasi manajemen atau jasa penasehat manajemen. Jasa ini berkisar dari saran singkat untuk memperbaiki sistem.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.