Header Ads

Dividen Per Lembar Saham

Para investor sangat tertarik dengan nilai yang ditunjukan oleh rasio ini, sebab dapat digunakan untuk melakukan serangkaian peramalan dan perhitungan seberapa hasil yang dapat diterima, apakah menguntungkan atau tidak bagi investasi yang akan dilaksanakannya. KSEP ITB dalam bukunya “Mengenal Investasi Dalam Pasar Modal”, meyebutkan bahwa :
Dividend per share adalah total semua dividen yang dibagikan dibandingkan dengan rata-rata tertimbang saham yang beredar”.
(2006:31)
Sedangkan Joel G. Siegel, Jae K. Shim yang dialihbahasakan oleh Moh. Kurdi  dalam “Kamus Istilah Akuntansi”, menyebutkan bahwa :
“Rasio profitabilitas yang mengukur berapa jumlah (rupiah) total dividen yang akan dibagikan untuk tiap lembar saham yang dimiliki oleh para pemegang saham setelah dibandingkan dengan jumlah saham yang beredar ”.
(2001:152)


 

Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa devidend per share adalah rasio yang menunjukan seberapa besar laba yang dibagikan dalam bentuk deviden yang menjadi bagian dari pemegang saham.     Dividen per lembar saham dapat  dihitung dengan rumus :
Total dividen yang dibagikan
                    Rata-rata tertimbang saham biasa yang beredar

Dari rumus di atas dapat dikemukakan bahwa perhitungannya hanya menggunakan total dividen untuk pemegang saham biasa. Apabila tidak terjadi perubahan dalam jumlah saham beredar maka sebagai penyebut dalam persamaan di atas adalah penerbitan saham baru atau pemecahan saham, maka jumlah saham biasa sebagai penyebut adalah jumlah rata-rata tertimbangnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.