Header Ads

GENERALISASI ILMU EKONOMI

1. Skarsitas

Skarsitas atau kelangkaan muncul apabila barang dan jasa yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

2. Produksi

Dalam produksi, selalu berusaha untuk berproduksi pada tingkat output yang maksimum dengan menggunakan sejumlah input tertentu.

3. Konsumsi

Alat pokok dalam analisis ini adalah bagaimana mengaitkan pengeluaran untuk konsumsi dengan tingkat pendapatan diposible konsumen.

4. Investasi

Kenaikan investasi dapat menaikan pendapatan, kenaikan pendapatan konsumen dapat mendorong mereka menambah konsumsi, tabungan, atau keduanya.

5. Pasar

Dalam sebuah sistem ekonomi pasar, tidak ada individu maupun organisasi yang secara seorang diri bertanggung jawab atas penetapan harga, produksi, konsumsi, dan distribusi. Khusus untuk harga, jika harga tinggi pembelian konsumen turun dan produksi naik tetapi, jika harga rendah konsumsi tinggi produksi rendah. Harga adalah roda penyeimbang dari mekanisme pasar.

6. Uang

Uang adalah segala sesuatu yang secara umum memiliki fungsi sebagai alat tukar-menukar, sebagai alat penyimpan kekayaan, dan sebagai alat pengukur nilai.

7. Letter of Credit

Dipandang dari sudut pandang kepentingan eksportir dan importir, sistem pembayaran yang paling aman adalah Letter of Credit dengan berbagai manfaatnya.

8. Neraca Pembayaran

Dalam mempertimbangkan langkah-langkah menyeimbangkan neraca pembayaran, negara yang bersangkutan harus memfokuskan diri pada neraca transaksi berjalan jika menginginkan berfungsinya perekonomian riil dan menghindari inflasi.

9. Bank dan Perbankan

Bank sentral mempunyai tugas untuk memelihara agar sistem moneter bekerja secara efisien sehingga dapat menjamin tercapainya tingkat pertumbuhan kredit atau uang yang beredar sesuai agar tidak inflasi. Bank sentral bertanggung jawab atas perumusan serta pelaksanaan kebijakan moneter, mengatur dan mengawasi serta mengendalikan sistem moneter.

10. Koperasi

Kurang majunya sistem ekonomi koperasi di Indonesia karena disebabkan oleh rendahnya kesadaran berkoperasi serta kurangnya etos kerja yang disiplin, baik ditingkat pengurus maupun anggota.

11. Kebutuhan Dasar

Kebutuhan dasar tidak hanya mengacu pada kebutuhan fisik, melainkan harus melibatkan syarat-syarat fisik serta layanan lainnya yang dibutuhkan oleh komunitas lokal.

12. Kewirausahaan

Banyak wirausahawan yang sukses adalah para pendatang atau imigran.

13. Perpajakan

Tradisi membayar pajak dengan tepat waktu memerlukan tingkat kesadaran yang tinggi dan rasa saling percaya antara masyarakat dengan pemerintah.

14. Periklanan

Pengaruh periklanan tidak hanya terbatas pada efek-efek ekonomi, tetapi meluas ke berbagai bidang, dan tidak selalu positif tetapi juga negatif.

15. Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas punya independensi yang tinggi dan dapt mengabaikan risiko utang bagi pemilik sahamnya.

1 komentar:

  1. Mohon maaf, apakah bisa admin cantumkan sumber referensinya juga.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.