Header Ads

Hierarki KAP yang Khas

Hierarki organisasi dalam suatu KAP yang khas meliputi sekutu (partner) atau pemegang saham, manajer, penyedia, auditor senior atau penanggung jawab, serta asisten. Seorang pegawai baru biasanya memulai karirnya dalam KAP sebagai asisten dan menjalani 2 atay 3 tahun dalam setiap klasifikasi sebelum meraih status partner. Nama jabatan yang ada bervariasi dari satu kantor ke kantor lain, tetapi strukturnya serupa dalam semua kantor.

Tabel 2-2 mengikhtisarkan pengalaman dan tanggung jawab setiap tingkatan klasifikasi di dalam KAP. Kenaikan jabatan dalam KAP cukup pesat, dengan tugas dan tanggung jawab yang terus berubah. Selain tiu, para anggota staff audit biasanya juga mendapat beraneka ragam pengalaman dari penugasan melayani klien.

Sifat hierarkis Kap akan membantu meningkatkan kompetensi. Individu-individu di setiap tingkat audit mengawasi dan mereview pekerjaan individu lain yang berada pada tingkat dibawahnya dalam struktur organisasi itu.

Seperti halnya semua industri, KAP memanfaatkan internet untuk memasarkan jasa-jasanya serta menyoroti hal-hal seperti lokasi kantor atau afiliasi, lini-lini jasa, serta spesialisasi industri, dan menyediakan alat-alat serta bahan acuan bagi klien yang sekarang maupun calon klien. Web site KAP menampilakn berita dan bahsan mengenai masalah-maslah bisnis. Web site KAP juga menyajiakan alat bantu berupa peranti lunak dan database online bagi pelanggan yang membayar fee.

Tabel 2-2

Tingkat dan Tanggung Jawab Staf

Tingkat Staf

Pengalaman rata-rata

Tanggung Jawab Utama

Asisten staf

0-2 tahun

Melakukan sebagian besar pekerjaan audit yang terinci.

Auditor senior atau penanggung jawab

2-5 tahun

Mengkoordinasi dan bertanggung jawab atas pekerjaan lapangan audit, termaksud mengawasi dan mereview pekerjaan staf.

Manajer

5-10 tahun

Membantu penanggung jawab merencanakan dan mengelola audit, mereview pekerjaan penanggung jawab, serta membina hunbungan dengan klien. Seorang manajer mungkin bertanggung jawab atas lebih dari satu penugasan pada saat yang sama.

Partner

10 tahun ke atas

Mereview seluruh pekerjaan audit dan terlibat dalam keputusan-keputusan audit yang signifikan. Seorang partner adalah pemilik KAP dan karenanya mengemban tanggung jawab akhir dalma melaksanakan audit dan melayani klien.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.